Indriyani, Puji and Kurniawan, Yuniar Deddy and Pratiwi, Yatimah Ratna (2018) OPTIMALISASI POTENSI DAN PENGETAHUAN SISWA (ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS) DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PERAWATAN DIRI (SELF CARE) DI SDLB YAKUT PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Project Report. 2018, Perpustakaan.
Text
Laporan Pengabmas ABK 1718 .pdf - Published Version Download (341kB) |
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul Optimalisasi Potensi Dan Pengetahuan Siswa (Anak Berkebutuhan Khusus) Dalam Pemenuhan Kebutuhan Perawatan Diri (Self Care) Di Sekolah Dasar Luar Biasa Yakut Purwokerto Kabupaten Banyumas adalah: (a) menambah pengetahuan kepada siswa dan siswi di Sekolah Dasar Luar Biasa Yakut Purwokerto mengenai pentingnya perawatan diri secara mandiri, (b). meningkatkan potensi diri siswa-siswi ABK di Sekolah Dasar Luar Biasa Yakut Purwokerto dalam melakukan perawatan diri secara mandiri (pendampingan skill), (c). pemberdayaan Orang tua dalam perawatan diri siswa-siswi ABK untuk meningkatkan potensi kemandirian. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi pemberian pendidikan kesehatan tentang perawatan diri (Self Care) kepada anak berkebutuhan khusus, penilaian atau observasi asessmen kegiatan siswa dan psikoedukasi kepada orang tua. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah (a) Pendampingan dan penilaian assesment perawatan diri pada anak dengan ABK yang meliputi mencuci tangan, dressing, toileting, growing, menggosok gigi. Pendidikan kesehatan dan pendampingan yang diberikan adalah pemenuhan kebutuhan perawatan diri (self care) dengan hasil antara lain kemampuan anak dalam melakukan perawatan diri setelah 1 minggu pendampingan adalah 1 anak Tidak Mampu (TM), 9 anak Mampu dengan Bantuan (MB) dan 5 anak Mampu (M), pada kemampuan berdandan tidak ada yang tidak mampu, 9 anak mampu dengan Bantuan dan 6 anak mampu melakukan sendiri. Pada kompetensi memakai baju belum ada ada yang mampu melakukan sendiri dengan benar dan 4 TM serta 11 anak Mampu dengan Bantuan. Melepas celana didapatkan hasil 1 anak TM dan 7 diantaraanta MB dan 7 Mampu. Kemampuan Buang Air Besar/BAB baru 1 anak yang Mampu dan 3 TM, serta 11 anak MB. Kemampuan BAK ada 2 anak TM, 6 anak MB dan 7 anak sudah mandiri. Kemampuan menggosok gigi didapatkan hasil 13 anak Mampu melakukannya dan hanya 2 yang Mampu dengan Bantuan. Hal ini menunjukkan bahwa anak dengan berkebutuhan khusus seperti retardasi mental /tuna grahita, ADHD/gangguan konsentrasi kemampuan perawatan diri dikategorikan cukup karenan anak mampu dengan bantuan yang diberikan oleh orang lain
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Institusi > Laporan Penelitian |
Depositing User: | Puji Indriyani |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 02:45 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 02:46 |
URI: | http://repository.politeknikyakpermas.ac.id/id/eprint/125 |
Actions (login required)
View Item |